Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Quick Set Mikrotik


Quickset adalah halaman panduan konfigurasi sederhana yang menyiapkan router Anda dalam beberapa klik.

Sekilas Mode Quickset, tergantung pada model router, mode Quickset yang berbeda mungkin tersedia dari menu dropset Quickset:


  1. CAP : Titik Akses Terkendali, perangkat AP, yang akan dikelola oleh server CAPsMAN terpusat. Hanya gunakan jika Anda sudah menyiapkan server CAPsMAN.
  2. CPE : Perangkat klien, yang akan terhubung ke perangkat Access Point (AP). Memberikan opsi untuk memindai perangkat AP di wilayah Anda.
  3. HomeAP : Halaman konfigurasi Access Point default untuk sebagian besar pengguna rumah. Menyediakan lebih sedikit opsi dan terminologi yang disederhanakan.
  4. HomeAP Double Band : Perangkat dual band (2GHz / 5GHz). Halaman konfigurasi Access Point default untuk sebagian besar pengguna rumahan. Menyediakan lebih sedikit opsi dan terminologi yang disederhanakan.
  5. PTP Bridge AP : Ketika Anda perlu secara interkoneksi menghubungkan dua lokasi jarak jauh secara bersamaan dalam jaringan yang sama, atur satu perangkat ke mode ini, dan perangkat lain ke mode berikutnya (PTP Bridge CPE).
  6. PTP Bridge CPE : Ketika Anda perlu secara interkoneksi menghubungkan dua lokasi jarak jauh secara bersamaan dalam jaringan yang sama, atur satu perangkat ke mode ini, dan perangkat lain ke mode sebelumnya (PTP Bridge AP).
  7. WISP AP : Mirip dengan mode HomeAP, tetapi memberikan opsi yang lebih maju dan menggunakan terminologi standar industri, seperti SSID dan WPA

Untuk disini saya memakai RB951G dan memakai mode HomeAP.
Mode ini bisa Anda gunakan untuk mengkonfigurasi jalur akses rumah atau kantor dengan cepat.

Sebelum anda konfigurasi Mikrotik yang di inginkan, reset dahulu router anda agar default configuration.
bisa lihat disini untuk reset router anda Cara Reset Router Mikrotik, Setelah ter Reset, maka anda wajib login winbox menggunakan Mac Address dan Remove Configuration.

1. Klik Quickset.



2. Pilih mode HomeAP pada menu dropdown Quickset.



3. Karena di sini saya memakai RB951G yang terdapat Wireless, maka konfigurasi SSID di Network Name dan Wifi Password sesuai keinginan.



4. Disini anda bisa memilih konfigurasi dari Provider Internet anda secara Manual/Static atau Automatic, jika anda memakai Provider Indihome, lebih simple memilih Automatic dan tanpa mengisi Ip Address dan Gateway, karena nanti akan terkonfigurasi otomatis ketika anda mencolokkan kabel dari Provider ke Router anda.

Jika ingin mengamankan Router anda dari Internet / Luar, rekomendasi saya adalah Firewall Router di aktifkan.



5. Bagian Local Network disini untuk jaringan local anda / LAN, ip address dsini saya memakai kelas C atau yang biasa digunakan di berbagai rumahan / kantor.
 - Seting ip address 192.168.88.1
 - Pilih netmask 255.255.255.0 atau /24
 - Jika anda mau mengaktikan semua port sebagai switch, aktikan Bridge All Lan Ports.
 - Jika anda mau mengaktifkan DHCP Server, aktifkan DHCP Server dan sesuaikan DHCP Server Range untuk ketersediaan Ip Address di jaringan anda.
 - Aktikan NAT agar Jaringan local anda bisa terkoneksi ke Internet.



6. Aktifkan VPN jika anda ingin mengakses router dari internet dengan melalui VPN.



Demikian konfigurasi simple dan cepat untuk router anda, bisa di gunakan untuk kebutuhan di rumah atau di kantor anda.


Subscribe to receive free email updates: