Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Solusi Tidak Bisa Buat PDF Error Etax 30009


Setelah update aplikasi e-faktur versi 2.0, banyak wajib pajak yang mengeluhkan adanya error baru saat akan buat PDF Faktur Pajak. Sampai beberapa hari setelah updatepun banyak yang belum bisa. Wajib pajak yang mengalami error saat buat PDF hanya wajib pajak yang menggunakan aplikasi e-faktur dengan sistem Network Database (server-client).

Kebanyakan yang tidak dapat buat PDF adalah aplikasi e-faktur dengan sistem Network Database yaitu pada eplikasi client e-faktur. Pada versi sebelumnya 1.46, wajib pajak masih dapat buat PDF faktur pajak. Akan tetapi setelah adanya update e-faktur versi 2.0, pada aplikasi e-faktur client tidak dapat buat PDF dan selalu muncul error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat.

Solusinya :
  • Penyebab e-faktur yg digunakan oleh client tidak dapat buat PDF karena aplikasi yang terhubung ke database-server adalah aplikasi dengan db lokal yang kosongan.
  • Agar buat PDF dapat dilakukan, diharapkan untuk meng-copy folder ETaxInvoice yang terdapat dalam folder db aplikasi server kemudian paste di folder dalam folder db aplikasi client.
  • Import Certificate di semua client dengan cara konek ke Lokal database dan login dengan user Superuser
  • Setelah di Import Certificate, coba kembali konek ke jaringan server
Demikian Solusi Tidak Dapat Buat PDF Error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: